UMSK 2020 Labusel Diusulkan Naik 9,09 Persen

KOTAPINANG

suluhsumatera.com : Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK) 2020 Kab. Labusel diusulkan sebesar Rp.3.300.000, atau naik 9,09 persen dari tahun 2019 yakni, Rp.3.025.000.

Besaran usulan itu sesuai ketetapan Dewan Pengupahan Kab. Labusel pada rapat yang digelar di Kantor Dinas Tenaga Kerja Labusel, Jalinsum Kotapinang-Gunung Tua, Lingkungan Simaninggir, Kel. Kotapinang, Kec. Kotapinang, Selasa (03/12/2019).

Rapat pembahasan UMSK Kab. Labusel itu difasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja Labusel melalui Bidang Hubungan Industrial. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Labusel, Sutrisno, SH.

Dalam rapat tersebut, sempat terjadi tarik-menarik antara pengusaha dengan pihak pekerja mengenai besaran UMSK. Sebelumnya dari unsur serikat pekerja dan buruh memiliki pandangan berbeda tentang kenaikan upah yang akan disepakati.

Begitu juga dari unsur pengusaha, yang memiliki pandangan berbeda tentang hal tersebut. Pimpinan rapat akhirnya beberapa kali memberikan ruang kepada pihak pengusaha, serikat pekerja, dan buruh untuk sama-sama menyatukan pandangan terkait usulan kenaikan upah minimum sektoral yang akan disepakati.

UMSK Labusel khususnya terhadap tiga sektor unggulan berupa perkebunan kelapa sawit, perkebunan karet, dan sektor pengolahan minyak kelapa sawit ditetapkan sebesar Rp.3.300.000.

Sebelumnya, dari pihak pekerja memiliki empat usulan persentase kenaikan. Ketua DPC Serikat Buruh Perkebunan Indonesia, Jamaluddin Hasibuan mengusulkan kenaikan sebesar 15 persen dari UMSK sebelumnya, dengan pertimbangan kebutuhan hidup layak terus mengalami kenaikan signifikan.

Sedangkan pengurus SP3 SPSI, Alamsyah Nasution mengusulkan kenaikan sebesar 10 persen. Pertimbangannya, mengacu kepada analisa tentang kesanggupan perusahaan, yakni usulan juga harus dapat diterima oleh perusahaan.

Ditempat yang sama Serikat Buruh Mandiri,  mengusulkan kenaikan sebesar 11 persen. Sedangkan Kesatuan Buruh Perjuangan, Amiruddin Lubis mengajukan kenaikan 12 persen.

Sementara itu, dari unsur pengusaha yakni, PT. Abdi Budi Mulia menawarkan kenaikan upah sebesar 8,5 persen, disusul oleh PT. Asam Jawa yang mengusulkan kenaikan hanya pada angka 7 persen. Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Labuhanbatu Raya, Heri Endarianto dan pihak PT. Supra Matra Abadi, Ricky Andre sepakat dengan usulan PT. ABM.

Sempat beberapa kali dilakukan skorsing rapat untuk menyamakan pandangan, baik dari pihak pengusaha dan pihak pekerja serta buruh. Setelah melalui pembahasan alot, usulan UMSK 2020 akhirnya ditetapkan sebesar Rp.3.300.000, dengan kenaikan sebesar 9.09 persen dari tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Labusel melalui Kepala Bidang Hubungan Industrial, Ismail Roy Siregar mengatakan, dengan kesepakatan ini, dinasnya akan segera menyampaikan kepada Bupati untuk ditindaklanjuti dan disampaikan kepada gubernur untuk pengesahan. Dia berharap agar keputusan ini sudah dapat dilaksanakan pada Januari 2020 mendatang. (irn)

Share

Berita Terkini

Sekda Tapsel Ajak DWP Bekerjasama Dalam Mengoptimalisasikan Pembangunan

TAPANULI SELATAN suluhsumatera.com : Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapanuli Selatan (Tapsel), Parulian Nasution membuka puncak

Share

Calon Kepala Desa Ajamu Ditetapkan

PANAI TENGAH suluhsumatera.com : Calon Kepala Desa Perkebunan Ajamu, Kec. Panai Hulu, Kab. Labuhanbatu yang

Share

2 Rumah Warga Kurang Mampu Di Labusel Direnovasi Baznas

KOTAPINANG suluhsumatera.com : Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Labusel tahun ini menggelar program bantuan renovasi

Share

Warga Kubu Rohil Diringkus Polisi Terkait KDRT

ROKAN HILIR suluhsumatera.com : Seorang pria berinisial Um, 24 warga Kep. Teluk Piyai Pesisir, Kec.

Share

11 Pelaku Begal Sadis Ditangkap Polisi, Beraksi Pakai Pedang Hingga Samurai

suluhsumatera.com – Tim Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar bersama Polsek Panakkukang menangkap 11 pelaku begal sadis

Share

Dibakar Api Cemburu, Pria Palembang Nekat Bakar Rumah Kekasihnya

suluhsumatera.com – Seorang pria di Palembang, Sumatera Selatan, Vije nekat membakar rumah kekasihnya  karena terbakar

Share

Mahasiswi Bengkulu Ditemukan Meninggal Terkubur di Belakang Kosan, Hilang 3 Hari

suluhsumatera.com – Wina Mardiani (20), mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu, yang hilang sekitar 3 hari ditemukan meninggal

Share

Berbicara Di Madrird, Bupati Sintang Cerita Mengenai 6 Warganya Yang Ditangkap Terkait Kebakaran Lahan

MADRID suluhsumatera.com : Bupati Sintang, Jarot Winarno angkat bicara terkait enam orang peladang di Kab.

Share

Hari Ini, Dirut Bank Mandiri Ditentukan

JAKARTA suluhsumatera.com : Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk

Share

Hari Ini Presiden Panggil Kapolri, Terkait Kasus Novel Baswedan

JAKARTA suluhsumatera.com : Terkait perkembangan kasus teror yang menimpa penyidik senior KPK Novel Baswedan, Presiden

Share