Pesona Wisata Alam Tapsel Di Jalinsum Pantai Barat

TAPANULI SELATAN

suluhsumatera.com : Pesona alam Kab. Tapanuli Selatan (Tapsel) sudah tidak asing lagi bagi pecinta wisata di Provinsi Sumatera Utara, khususnya Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

Disepanjang Jalinsum Pantai Barat yang menghubungkan dengan Kab. Tapsel dengan Kab. Mandailing Natal (Madina), banyak terdapat spot-spot objek wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi. Seperti Lubuk Larangan Ikan Jurung di Kel. Rianiate, yang memiliki cerita sejarah tersendiri.

Selain itu ada pula panorama alam Danau Siais dan Air Terjun Simatutung. Keindahan lokasi wisata tersebut, juga didukung dengan akses jalan yang sudah begitu baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Wisata Danau Siais yang persis berada di sepanjang Jalinsum tersebut merupakan danau terbesar kedua di Sumatera Utara (Sumut). Panorama alamnya tidak kalah menarik dari danau lainnya yang ada di Sumut.

Demikian halnya dengan keindahan Air Terjun Simatutung. Tiga tingkatan air terjun menjadi pesona tersendiri, terletak persis di pinggiran Jalinsum Pantai Barat Tapsel-Madina.

Keindahan serupa dapat dinikmati di Lubuk Larangan Ikan Jurung. Ribuan ikan Jurung terlihat hidup bebas dialamnya tanpa terganggu dari kepunahan, karena menurut cerita masyarakat setempat ikannya tidak boleh diambil sembarangan.

Air Terjung Simatutung di Tapsel. Foto: suluhsumatera.com/baginda.


Saat ini, ruas jalan menuju tempat-tempat tersebut sudah dapat dilalui kenderaan pribadi ataupun angkutan umum. Dari Kota Padangsidimpuan hanya membutuhkan waktu tempuh sekira 2 jam lebih.

Warga berharap, Pemkab Tapsel melalui dinas terkait diharapkan mampu secara maksimal dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah tersebut. Tentunya, dengan program-program pembangunan sarana pendukung, agar lebih menambah daya tarik wisatawa untuk berkunjung, yang pada akhirnya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Salah seorang wisatawan, Ginting mengatakan, keindahan panorama alam daerah tujuan wisata tersebut sangat memukau. Apalagi  di jalur daerah tersebut kita dapat menikmati lebih dari satu tempat wisata.

“Biasanya saat libur akhir pekan maupun liburan lebaran saya selalu membawa keluarga berwisata ke sini. Disamping keindahan alamnya yang tidak kalah menarik juga tidak terlalu mengeluarkan kocek yang begitu banyak,” katanya. (baginda)

Share

Berita Terkini

Sekda Tapsel Ajak DWP Bekerjasama Dalam Mengoptimalisasikan Pembangunan

TAPANULI SELATAN suluhsumatera.com : Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapanuli Selatan (Tapsel), Parulian Nasution membuka puncak

Share

Calon Kepala Desa Ajamu Ditetapkan

PANAI TENGAH suluhsumatera.com : Calon Kepala Desa Perkebunan Ajamu, Kec. Panai Hulu, Kab. Labuhanbatu yang

Share

2 Rumah Warga Kurang Mampu Di Labusel Direnovasi Baznas

KOTAPINANG suluhsumatera.com : Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Labusel tahun ini menggelar program bantuan renovasi

Share

Warga Kubu Rohil Diringkus Polisi Terkait KDRT

ROKAN HILIR suluhsumatera.com : Seorang pria berinisial Um, 24 warga Kep. Teluk Piyai Pesisir, Kec.

Share

11 Pelaku Begal Sadis Ditangkap Polisi, Beraksi Pakai Pedang Hingga Samurai

suluhsumatera.com – Tim Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar bersama Polsek Panakkukang menangkap 11 pelaku begal sadis

Share

Dibakar Api Cemburu, Pria Palembang Nekat Bakar Rumah Kekasihnya

suluhsumatera.com – Seorang pria di Palembang, Sumatera Selatan, Vije nekat membakar rumah kekasihnya  karena terbakar

Share

Mahasiswi Bengkulu Ditemukan Meninggal Terkubur di Belakang Kosan, Hilang 3 Hari

suluhsumatera.com – Wina Mardiani (20), mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu, yang hilang sekitar 3 hari ditemukan meninggal

Share

Berbicara Di Madrird, Bupati Sintang Cerita Mengenai 6 Warganya Yang Ditangkap Terkait Kebakaran Lahan

MADRID suluhsumatera.com : Bupati Sintang, Jarot Winarno angkat bicara terkait enam orang peladang di Kab.

Share

Hari Ini, Dirut Bank Mandiri Ditentukan

JAKARTA suluhsumatera.com : Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk

Share

Hari Ini Presiden Panggil Kapolri, Terkait Kasus Novel Baswedan

JAKARTA suluhsumatera.com : Terkait perkembangan kasus teror yang menimpa penyidik senior KPK Novel Baswedan, Presiden

Share