Dinas Perhubungan Labusel Gelar Pemilihan Abdiyasa Teladan Pelajar Pelopor Keselamatan Tahun 2019

KOTAPINANG

suluhsumatera.com : Dinas Perhubungan Labusel menggelar Pemilihan Abdiyasa Teladan Pelajar Pelopor Keselamatan tahun 2019 di Aula Komplek Bukit Mas Asri, Kotapinang, Kab. Labusel, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (28/11/2019).

Kegiatan tersebut diikuti pelajar dari SMA Negeri 1 Kotapinang, SMA Negeri 2 Kotapinang, SMA Negeri 2 Torgamba, SMK Ki Hajar Dewantara Kotapinang, dan SMK Abdi Negera Torgamba.

Kepada suluhsumatera.com Kepala Dinas Perhubungan Labusel, Ahmad Syukri Siregar, SSTP, MM mengatakan, kegiatan ini adalah program yang dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan RI, melalui Direktorat Jendral Perhubungan Darat, sebagai rangkaian dekade kampanye keselamatan jalan tahun  2011-2020

Selain itu kata dia, kegiatan tersebut merupakan bentuk peran serta Dinas Perhubungan Labusel untuk menyebarluaskan kampanye itu.

“Dinas Perhubungan Labusel berperan untuk mensukseskan kampanye tersebut, juga menyebarluaskan informasi terkait kepada masyarakat luas,” ungkapnya.

Syukri menambahkan, bahwa kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh angka kecelakaan di jalan raya yang terus meningkat, sehingga Dirjen Perhubungan Darat melakukan langkah strategis, guna menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Dijelaskan, data dari Badan Pusat Statistik tahun 2019 menyebutkan, angka kecelakaan lalu lintas di Kab. Labusel termasuk dalam kategori zona merah dan perlu menjadi konsen bersama semua pihak.

Menurutnya, BPS menyebut, di Kab. Labusel terjadi 102 kecelakaan, dengan 107 orang meninggal dunia, 75 orang luka berat, dan 107 orang luka ringan serta kerugian lebih dari 0,5 milyar.

“Dimana angka tertinggi kecelakaan tersebut adalah pengguna sepeda motor dan korban mayoritas masih dalam usia produktif,” paparnya.

Ramadhaniel Girsang, SE, MM Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan selaku penitia pelaksana kegiatan mengatakan, tujuan kegiatan ini utamanya adalah pencegahan terhadap maraknya kecelakaan di jalan raya.

Kegiatan ini sebut dia, diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi pelajar dalam hal berlalu lintas di jalan raya dan terpenting menumbuhkembangkan kesadaran berlalu lintas bagi pengguna jalan di seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan ini Dinas Perhubungan Labusel juga menghadirkan nara sumber dari Polres Labuhanbatu untuk melakukan penyuluhan terkait tata tertib berlalulintas dan UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Wakapolsek Kampungrakyat, Iptu. Tarjuki mengatakan, faktor kecelakaan di jalan raya disebabkan empat hal yakni, faktor individu, masalah kenderaan, kondisi jalan, dan faktor cuaca.

“Kondisi tersebut kerap memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karenanya perlu kehati-hatian,” bebernya.

Ipda. Sunaryo Panit 1 Lantas Polsekta Kotapinang kepada peserta menyarankan, pada saat mengalami kecelakaan lalu-lintas, tindakan harus dilakukan adalah jangan panik, bersikap tenang, waspada, jangan menyalahkan orang lain, jangan melarikan diri, dan bila ada korban segera menolong serta melaporkan ke pos polisi terdekat, atau segera menghubungi pihak terkait dengan alat komunikasi yang ada. (irn)

Share

Berita Terkini

Sekda Tapsel Ajak DWP Bekerjasama Dalam Mengoptimalisasikan Pembangunan

TAPANULI SELATAN suluhsumatera.com : Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapanuli Selatan (Tapsel), Parulian Nasution membuka puncak

Share

Calon Kepala Desa Ajamu Ditetapkan

PANAI TENGAH suluhsumatera.com : Calon Kepala Desa Perkebunan Ajamu, Kec. Panai Hulu, Kab. Labuhanbatu yang

Share

2 Rumah Warga Kurang Mampu Di Labusel Direnovasi Baznas

KOTAPINANG suluhsumatera.com : Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Labusel tahun ini menggelar program bantuan renovasi

Share

Warga Kubu Rohil Diringkus Polisi Terkait KDRT

ROKAN HILIR suluhsumatera.com : Seorang pria berinisial Um, 24 warga Kep. Teluk Piyai Pesisir, Kec.

Share

11 Pelaku Begal Sadis Ditangkap Polisi, Beraksi Pakai Pedang Hingga Samurai

suluhsumatera.com – Tim Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar bersama Polsek Panakkukang menangkap 11 pelaku begal sadis

Share

Dibakar Api Cemburu, Pria Palembang Nekat Bakar Rumah Kekasihnya

suluhsumatera.com – Seorang pria di Palembang, Sumatera Selatan, Vije nekat membakar rumah kekasihnya  karena terbakar

Share

Mahasiswi Bengkulu Ditemukan Meninggal Terkubur di Belakang Kosan, Hilang 3 Hari

suluhsumatera.com – Wina Mardiani (20), mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu, yang hilang sekitar 3 hari ditemukan meninggal

Share

Berbicara Di Madrird, Bupati Sintang Cerita Mengenai 6 Warganya Yang Ditangkap Terkait Kebakaran Lahan

MADRID suluhsumatera.com : Bupati Sintang, Jarot Winarno angkat bicara terkait enam orang peladang di Kab.

Share

Hari Ini, Dirut Bank Mandiri Ditentukan

JAKARTA suluhsumatera.com : Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk

Share

Hari Ini Presiden Panggil Kapolri, Terkait Kasus Novel Baswedan

JAKARTA suluhsumatera.com : Terkait perkembangan kasus teror yang menimpa penyidik senior KPK Novel Baswedan, Presiden

Share